Pemeriksaan Kanker Payudara

Mengapa Pemeriksaan Kanker Payudara (Mammogram) itu Penting?

Pemeriksaan Kanker Payudara (Mammogram) merupakan metode yang terbaik untuk mendeteksi awal kanker payudara bagi wanita berusia 50 tahun keatas. Mendeteksi kanker sejak dini dapat meningkatkan kesempatan dan kelangsungan hidup.

Mengapa perlu pemeriksaan Kanker Payudara?

Pemeriksaan ini dilakukan dengan menggunakan sinar X terhadap payudara wanita, khususnya bagi mereka yang belum menyadari adanya gejala-gejala atau perubahan dengan payudara mereka. Umumnya sinar X tersebut digunakan untuk memeriksa kedua payudara.

Hasil foto dari sinar X dapat menunjukkan sel kanker seperti butiran gandum, bahkan sebelum Anda dan dokter dapat merasakan perubahan pada payudara Anda sendiri.

Pemeriksaan Kanker Payudara

Mengapa pemeriksaan Kanker Payudara itu penting?

Jika kanker payudara dideteksi dini, banyak wanita dapat menjalani hidup secara normal dan lebih baik.

Hal ini dikarenakan, perawatan kanker payudara dapat berjalan secara maksimal saat sel kanker masih kecil dan belum menyebar dari payudara ke organ tubuh lainnya.

Siapa saja yang butuh pemeriksaan tersebut?

Kanker payudara dapat menyerang semua wanita, ada kelompok usia wanita yang dapat memanfaatkan pemeriksaan Mammogram dibandingkan kelompok usia yang lain.

Jika Anda memiliki pertanyaan tentang kanker payudara, tanpa peduli usia Anda, mohon agar dikonsultasikan dengan dokter.

Mengapa harus melakukan pemeriksaan Kanker Payudara?

Wanita harus melakukan pemeriksaan Mammogram yang pertama pada usia 50 tahun, dan kemudian dilakukan berkala setiap dua tahun sekali hingga usia 74 tahun.

Penelitian menunjukkan bahwa pemeriksaan secara teratur dapat memberikan manfaat terbesar bagi wanita dengan kelompok usia tersebut.

Wanita berusia 50 – 74 tahun

Umumnya kanker payudara menimpa wanita berusia diatas 50 tahun. Pemeriksaan Mammogram secara teratur merupakan cara terbaik untuk mendeteksi kanker payudara sejak dini, sehingga perawatan dapat segera dilakukan dan berhasil.

Wanita berusia 40 – 49 tahun

Pemeriksaan payudara kurang efektif untuk wanita di kelompok usia ini karena perbedaan jaringan payudara. Bagi wanita yang lebih muda, kepadatan jaringan payudara mempersulit untuk melihat dan mendeteksi sel kanker melalui sinar X. Sehingga mereka akan diminta untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Beberapa wanita didiagnosa kanker payudara di kelompok usia ini.

Wanita berusia diatas 74 tahun

Jika Anda berusia diatas 74 tahun, kami menyarankan untuk berkonsultasi dengan dokter apakah perlu dilakukan pemeriksaan payudara.

Apakah faktor penyebab kanker payudara?

Hal ini meliputi riwayat keluarga, kegiatan fisik, konsumsi minuman berlakohol dan merokok.

Apa yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi risiko tersebut?

Semua wanita berusia 50–74 tahun disarankan untuk melakukan pemeriksaan Mammogram setiap dua tahun sekali. Jika kanker payudara dapat dideteksi sejak awal maka wanita memiliki 98% kemungkinan untuk bertahan hidup.

Wanita juga dapat mengurangi risiko kanker payudara dengan:

  • Menjaga berat badan ideal
  • Berolahraga
  • Mengurangi konsumsi alkohol
  • Berhenti merokok.

Apakah Anda wanita berusia 30-50 tahun? Kami sangat menyarankan Anda untuk melakukan pemeriksaan kanker payudara. Daftarkan diri Anda di www.medisetter.com untuk mendapatkan penawaran istimewa pemeriksaan payudara melalui email.