Breast implants

Jenis Implan Payudara Apa yang Paling Sesuai Untuk Anda?

Penambahan payudara atau yang biasa disebut “boob job” merupakan prosedur bedah kecantikan yang dapat membantu memperbesar payudara atau membuatnya nampak lebih proporsional dengan menggunakan implan payudara. Prosedur ini umumnya menggunakan silikon atau saline.

Penambahan payudara merupakan cara yang efektif untuk menghasilkan payudara yang lebih berisi dan membuat keseluruhan tubuh menjadi lebih proporsional. Hal ini juga dapat membantu mengangkat payudara yang turun atau kendur akibat kehamilan, faktor usia, menyusui atau penurunan berat badan secara drastis yang dapat membuat ukuran payudara menjadi tidak simestris.

Beberapa hal yang menjadi keputusan penting bagi seorang ahli bedah plastik payudara saat merancang operasi penanaman payudara meliputi bentuk dan bahan implan, ukuran atau volume serta bentuk payudara yang diinginkan oleh pasien.

Bentuk dari implan payudara bisa bundar atau seperti tetesan air mata (teardrop). Implan yang berbentuk bundar dapat membentuk payudara yang lebih berisi dan penuh, sementara itu implan seperti tetesan air mata membentuk landai sehingga payudara nampak lebih alami dan elegan. Ukurannya bervariasi dari 150cc hingga 800cc, dan pemilihan ukuran yang tepat tergantung dari pasien serta ukuran tubuh.

Implan Payudara

Apa saja jenis implan yang digunakan untuk penanaman payudara?

Berdasarkan bentuknya yaitu bundar dan tetesan air mata. Sementara berdasarkan bahannya dapat berupa silikon dan saline.

Semua jenis implan terdiri dari lapisan luar sebagai kerangka atau dinding dan lapisan dalam berupa silikon atau saline.

Penanaman payudara berdasarkan bentuknya

Implan bundar

Implan bundar adalah jenis implan yang paling sering digunakan. Jika anda menginginkan payudara bagian atas berisi dengan bentuk yang mantap maka implan bundar adalah pilihan yang tepat. Implan ini paling cocok bagi mereka yang memiliki payudara yang kendur, atau tidak ada celah antar payudara atau puting susu berada di tengah. Dikarenakan implan bundar sebenarnya tidak mengubah ukuran payudara namun hanya membuatnya nampak lebih berisi maka sangat sesuai bagi mereka yang memiliki payudara dengan bentuk alami yang baik.

Implan Tetesan Air Mata

Implan jenis ini berbentuk seperti tetesan air mata dan menambah volume dari bagian payudara yang kurang. Sangat sesuai bagi mereka yang cenderung memiliki payudara yang turun, payudara kiri dan kanan yang berjauhan serta puting susu yang letaknya kebawah. Implan ini dapat membentuk tambahan payudara yang sangat cocok bagi mereka dengan ukuran badan yang cenderung langsing

Implan Payudara

Penanaman payudara berdasarkan bahannya

Saline

Implan saline dapat digunakan bagi mereka diatas usia 18 tahun. Implan ini terdiri dari penutup silikon yang ditanamkan kedalam tubuh dan kemudian diisi dengan cairan saline (mengandung garam) sesuai yang diinginkan. Jika penutup tersebut pecah, maka implan akan mengempes dan dapat menimbulkan ketidaknyamanan.

Silikon

Bahan silikon cenderung konstan sehingga bentuknya tetap terjaga. Secara keseluruhan, kukuh dan mempertahankan bentuknya sehingga nampak sempurna. Bahan silikon terkenal dapat membuat payudara nampak alami, membuatnya menjadi pilihan yang paling disukai. Biasanya juga tidak menimbulkan alergi dan reaksi pada kulit, mereka yang berusia diatas 22 tahun dapat memilih jenis implan ini.

Implan Payudara

Bagaimana cara pengerjaan penanaman payudara?

Operasi penanaman payudara umumnya dilaksanakan dengan cara sebagai berikut:

  • Sebelum operasi dimulai, pasien akan dibius terlebih dahulu, bisa bius intravena atau bius total.
  • Sayatan akan dibuat sehingga implan dapat dimasukkan ke dalam jaringan payudara. Biasanya sayatan tersebut dibuat sedemikian rupa sehingga bekas luka pasca operasi tidak terlihat jelas, atau tergantung dari kebijakan ahli bedah di bagian tubuh pasien mana yang dirasa lebih sesuai. Sayatan dilakukan di tiga lokasi: dibawah payudara (lipatan inframammary), sekitar puting (peri-areolar), dan dibawah lengan (axillary).
  • Implan payudara kemudian dimasukan melalui sayatan tersebut. Implan dapat ditempatkan dibalik jaringan payudara (subglandular) atau didalam otot dada (submuscular)
  • Sayatan kemudian ditutup dengan perekat kulit, plester bedah atau atau jahitan pada jaringan payudara.

Apa saja risiko dan efek samping dari penanaman payudara?

Bekas luka

Bekas luka pasca operasi merupakan hal yang lumrah terjadi. Umumnya akan berangsur-angsur hilang dalam kurun waktu satu hingga dua tahun. Jarang sekali bekas luka bertambah buruk. Namun, jika bekas luka bertambah gelap dan berkembang maka ahli bedah dapat menghentikan proses tersebut.

Pendarahan

Pendarahan dapat terjadi pasca operasi, dan jika berlebihan, maka penanganan medis harus segera dilakukan. Ahli bedah dapat menempuh cara bedah atau non-bedah untuk menghentikan pendarahan tersebut.

Hasil yang kurang memuaskan

Keluhan ini umum terjadi. Hasilnya mungkin tidak sesuai dengan keinginan. Pasien mungkin merasa tidak nyaman dengan payudara baru mereka. Bahkan dalam beberapa kasus, payudara malah nampak tidak simetris.

Untuk menghindari hal ini, calon pasien harus memilih ahli bedah dengan seksama dan membicarakan dengan jelas akan harapan mereka sebelum operasi dijalankan

Seroma

Seroma merupakan suatu kondisi dimana terjadi pengumpulan cairan secara berlebihan di sekitar rongga payudara dan perlu dikuras dengan menggunakan jarum dan tindakan operasi.

Kerusakan pada tubuh

Dalam beberapa kasus, bagian tubuh dapat mengalami kerusakan jika operasi tidak dijalankan dengan baik, termasuk kerusakan pada pembuluh darah, jaringan, otot, dan sebagainya. Oleh karena itu, penanangan oleh ahli bedah yang terkemuka dengan sertifikasi sebagai ahli bedah plastik – sangat penting. Sangat dianjurkan untuk memeriksa terlebih dahulu jika sebelumnya pernah ada dugaan malpraktik atau tidak.

Reaksi dan infeksi

Sebagaimana bedah yang lainnya, infeksi atau reaksi umum dapat terjadi karena kurangnya pemeliharaan yang sesuai pasca operasi. Selalu pastikan klinik atau rumah sakit mengikuti standar kebersihan yang sesuai, dan anda patuh pada instruksi pasca operasi.

Berapa besar biaya penanaman payudara?

Biayanya dapat bervariasi namun umumnya berkisar antara $5,500 hingga $12,000 di negara-negara yang populer sebagai tujuan bedah plastik di Asia seperti Thailand dan Korea Selatan. Sementara itu, implan saline relatif lebih murah dibandingkan dengan implan silikon. Biaya implan merupakan salah satu komponen penentu total biaya operasi secara keseluruhan.

Komponen yang lain juga termasuk ekspektasi pasien, riwayat kesehatan, pengalaman ahli bedah, serta apakah operasi dilakukan di klinik atau rumah sakit.

Umumnya, penanaman payudara tidak ditanggung oleh asuransi karena dikategorikan sebagai kecantikan dan bukan untuk tujuan medis.