Pengurangan Lemak

Takut pada Liposuction (Sedot Lemak)? Berikut 4 teknik Non-Bedah untuk Pengurangan Lemak

Apakah Liposuction (pengurangan lemak) non-bedah itu?

Anda ingin mengurangi lemak tubuh dan mencoba pergi ke pusat kebugaran dengan keras, mengurangi asupan kalori Anda, tetapi semua sia-sia. Satu-satunya pilihan yang Anda lihat adalah sedot lemak. Tetapi bahkan berpikir tentang memasukkan pipa ke tubuh Anda untuk melonggarkan dan menghisap lemak berlebihan akan terasa menyakitkan. Anda bertanya-tanya apakah ada cara yang kurang menyakitkan untuk menyelesaikan hal ini.

Jangan khawatir. Kemajuan teknologi yang cukup baru telah membantu menciptakan berbagai alternatif non-invasif untuk sedot lemak. Ada teknik yang bukan merupakan metode liposuction non-invasif seperti sedot lemak, yang menurut definsi, membutuhkan lemak untuk disedot keluar dari tubuh yang tidak dapat dilakukan tanpa setidaknya sayatan kecil. Namun, metode yang tersedia adalah solusi non-bedah untuk pengurangan lemak yang membantu memecah kantong lemak yang membandel di tubuh yang tidak merespon dengan mudah terhadap perubahan pola makan dan olahraga.

Mari kita bahas teknik pengurangan lemak non-bedah ini satu per satu.

# 1. Laser fat reduction (pengurangan lemak menggunakan laser):

Teknik ini menggunakan laser intensitas rendah ke area yang ditargetkan untuk merangsang produksi kolagen. Kolagen adalah salah satu protein yang menyebar yang dapat ditemukan di seluruh bagian tubuh manusia dan membantu menyediakan struktur, warna dan tekstur kulit. Peningkatan produksi kolagen berikutnya dapat membantu mengencangkan kulit. Keindahan teknik ini adalah bahwa gelombang laser mampu memberikan jumlah energi yang tepat pada tingkat jaringan kulit yang tepat di mana produksi kolagen benar-benar terjadi. Hal ini membantu pemanasan yang tidak perlu dan merusak lapisan luar kulit.

Teknik ini juga percaya bahwa energi laser dengan intensitas rendah dapat membantu memecah sel-sel lemak untuk merangsang produksi kolagen tetapi hal ini lebih bersifat sekunder dan kurang dapat diprediksi daripada peningkatan produksi kolagen. Tidak seperti metode pengurangan lemak non-invasif lainnya, hasil pengurangan lemak dengan menggunakan laser dapat terlihat dalam beberapa minggu atau bahkan kurang.

Pengurangan Lemak

 

# 2. Radiofrequency fat reduction (Pengurangan Lemak menggunakan Radiofrekuensi):

Teknik ini relatif baru dan menggunakan gelombang frekuensi radio untuk mengirimkan sejumlah energi terkontrol ke jaringan subkuntan (lapisan di bawah permukaan kulit) untuk mengentalkan pembuluh darah dan melarutkan lemak. Proses ini memungkinkan untuk penargetan yang tepat dan karena itu dapat digunakan pada area yang luas seperti perut hingga daerah-daerah kecil seperti dagu tetapi biasanya digunakan pada pinggul, paha, pantat dan perut. Perawatan ini memerlukan beberapa sesi walaupun hasilnya dapat terlihat setelah hanya 2-3 sesi perawatan. Setiap sesi perawatan biasanya berlangsung sekitar satu jam.

Biaya pengurangan lemak non-bedah dapat berkisar antara 2.000 hingga 6.000 dolar AS.

# 3. Ultrasound fat cavitation:

Juga dikenal sebagai “cavi-lipo”, teknik ini menggunakan gelombang ultrasound frekuensi rendah untuk menyebabkan getaran mekanis dalam sel-sel lemak subkuntan dalam tubuh akhirnya menyebabkan dinding membran sel eksternal untuk terpecah dan trigliserida di dalam sel untuk tumpah keluar. Trigliserida berbentuk cair dan karenanya mudah diproses oleh hati dan dikeringkan keluar dari tubuh oleh sistem limfantik. Teknik ini paling sering digunakan untuk menghilangkan kelebihan lemak di perut, punggung, pantat dan paha tetapi juga dapat digunakan untuk menargetkan lemak di lengan atas di mana terdapat tumpukan lemak yang membandel pada umumnya. Terapi ini membutuhkan sekitar 6-12 sesi perawatan untuk mendapatkan efek yang nyata dengan setiap sesi yang berlangsung antara 20 menit hingga 1 jam.

 

Pengurangan Lemak

# 4. Cryolipolysis fat reduction:

Dikenal sebagai “coolsculpting”, teknik ini mendinginkan lapisan subkuntan kulit secara terkontrol untuk menyebabkan nekrosis atau kematian sel-sel lemak di bawah kulit. Sel-sel lemak yang ditargetkan pada dasarnya membeku yang menyebabkan mereka mati dan puing-puing sel yang mati ini kemudian dihapus oleh sistem limfatik tubuh. Teknik ini telah dilakukan dengan aman lebih dari 6 juta kali, secara global, dan ditemukan aman; tidak menyebabkan kematian sel-sel atau jaringan non-lemak dan dapat memberikan hasil yang tahan lama. Terapi coolsculpting biasanya membutuhkan 2-3 sesi perawatan di setiap area yang ditargetkan tetapi hasil akhir bisa memakan waktu hingga 3 bulan untuk muncul karena proses kematian dan penghapusan sel yang lebih lambat.

Pengurangan Lemak

 

Apa yang harus Anda perhatikan tentang teknik pengurangan lemak non-bedah.

Sementara masing-masing teknik di atas dapat membantu mengurangi lemak dan mengencangkan kulit, harus diingat bahwa mereka tidak dapat membantu dalam melakukan penurunan berat badan yang signifikan karena Anda hanya mengurangi sebagian lemak di area yang ditargetkan dan secara bersamaan membantu mengencangkan kulit di area tersebut. Kebanyakan teknik pengurangan lemak non-bedah hanya menghilang sekitar 20-25% lemak di area yang ditargetkan. Oleh karena itu, tujuan utama dari teknik ini adalah untuk meningkatkan kesehatan dan bentuk tubuh daripada membantu Anda mengurangi berat badan.

Penting juga untuk dicatat bahwa mempertahankan hasil dari teknik pengurangan lemak non-bedah ini sangat tergantung pada kemampuan Anda untuk menjaga berat badan Anda setelah perawatan. Jika Anda mengalami kenaikan berat badan yang signifikan setelah perawatan, hasil pengobatan tidak akan lagi terlihat karena sel-sel lemak baru akan terakumulasi di daerah yang sama di mana sel-sel lemak sebelumnya dihilangkan melalui terapi, sehingga akhirnya meniadakan dampak terapi.

Apa yang membuat Anda menjadi kandidat yang baik untuk teknik pengurangan lemak non-bedah?

  • Anda berada di atau mendekati berat badan ideal Anda dan hanya ingin memperbaiki bentuk dan tekstur bagian tubuh yang dipilih.
  • Anda telah memilih kantong lemak di tubuh Anda yang tampaknya tidak hilang dengan perubahan dalam diet Anda dan olahraga yang cukup.
  • Anda bersedia mengambil tindakan gaya hidup yang tepat untuk mempertahankan berat badan Anda setelah perawatan untuk memastikan bahwa hasil perawatan dapat bertahan lama.